Breaking News
Loading...
Senin, 09 Februari 2015

Surat Luqman 31:12-19





 

12. Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji".
13. Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar".
14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu
 15. Dan jika  keduanya memaksa kamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka jangan lah engkau mematuhi keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kaulah kembali kamu, maka Ku-beritakan kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.”
16. Wahai anakku, sesungguhnya jika ada seberat biji sawi, dan berada dalam batukarang atau dilangit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya, Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.”
17. “ Wahai anakku, laksanakanlah shalat dan perintahkanlah mengerjakan yang ma’ruf dan cegahlah dari kemunkaran dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal diutamakan.”
18.Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong). dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri
19. “Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.”


Adapun dikisahkan dari Luqman yang dapat memberikan hikmah mengenai menasehati dan memberi pesan kepada generasi-generasi untuk mewarisi nilai-nilai akhlak yang baik sebagai berikut:
1.Dilarang berbuat syirik (menyekutukan Allah) (Luqman: 13)
2.Kewajiban berbakti kepada kedua orang tua (luqman: 14)
3.Keharusan tetap berbakti kedua orang tua di dunia saja, karena kesyirikan mereka (luqman: 17)
4.Tidak boleh bersifat sombong, angkuh dan membanggakan diri sendiri (luqman: 18)
5.Perintah bersikap sopan santun dalam berjalan atau berbicara (luqman: 19)

Adapun 10 hak yang harus dipenuhi oleh seorang anak:
1.Membersihkan makan apabila dibutuhkan
2.Memberikan pengabdian apabila diperlukan
3.Mendatangi apabila dipanggil
4.Mentaati apabila diperintah selain yang maksiat
5.Berbicara dengan lemah lembut tidak kasar
6.Memberikan pakaian bila diperlukan, sedang sesuatu yang dia sendiripun rela
7.Menjauhkan daripadanya sesuatu yang dia sendiripun menjauhinnya
8.Berdo’a untuknya dengan memohonkan ampunan setiap dia mendo’akan untuk dirinya sendiri



Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong)[26] dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh[27]. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong[28] dan membanggakan diri[29] - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/04/tafsir-luqman-ayat-12-19.html#sthash.A9qqYJb6.dpuf
Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong)[26] dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh[27]. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong[28] dan membanggakan diri[29] - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/04/tafsir-luqman-ayat-12-19.html#sthash.A9qqYJb6.dpuf

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer