Breaking News
Loading...
Rabu, 25 November 2015

Wahai Pendengki, Kamu Jangan Mendengki!

dengki

ORANG yang mendengki orang lain, maka hatinya akan menjadi keras karenanya. Dimata orang yang mendengki orang tersebut tidak pernah ada baiknya, selalu buruk. Orang yang mendengki dalam pikirannya selalu negatif, maka ia akan rugi karenanya.
Ketika orang yang mendengki ingin kerluar darinya, maka ia harus melawan sekuat tenaga untuk melawan kedengkiannya. Agar upaya yang dilakukan berhasil, maka harus menjalankan beberapa perbuatan berikut:
1.Selalu memohon perlindungan Allah SWT dari gangguan setan sehingga dia dapat mengalahkan bisikan setan dan bersungguh-sungguh untuk memeranginya.
Berjihad melawan setan itu terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu:
Pertama, jihad untuk menepis apa saja yang bisa menimpa seseorang berupa syubhat, keraguan, dan kekeruhan dalam iman.
Kedua, jihad menolak apa yang ditimpakan terhadap dia berupa keinginan untuk berbuat kerusakan dan syahwat.
Jihad yang pertama akan memunculkan keyakinan sesudahnya, sedangkan jihad yang kedua akan menghasilkan sabar sesudahnya.
Allah SWT berfirman, “Dan Kami menjadikan di antara mereka para pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami tatkala mereka bersabar, dan mereka yakin kepada ayat-ayat Kami,” (QS As-Sajdah: 32).

Kepemimpinan dalam Islam itu hanya dapat diraih dengan kesabaran dan keyakinan. Kesabaran itu menepis syahwat dan keinginan buruk, sedang keyakinan itu menepis keraguan dan kesamaran (Syubhat).
2.Manakala dia melihat sesuatu atau seseorang yang mempesona, hendaknya ia mendoakannya agar mendapat berkah, berdasarkan sabda Rasulullah SAW, “Mengapakah kamu tidak berdoa untuknya agar berkah?,” (Hadis).
3.Berusaha keras dan mengerjakan berbagai amal shalih yangmendekatkan diri kepada Allah SWT.
4.Bersabar menerima ketetapan Allah SWT. sebagaimana Allah SWT berfirman, “Seseungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran,” (QS Al-Qamar: 49).
5.Mengubah karakter dan perbuatannya yang buruk menjadi orang yang berakhlak baik serta meneladani akhlak Rasulullah SAW .
Allah SWT berfirman, “Sungguh pada Rasulullah ada suri teladan yang baik untuk kalian,” (QS Al-Ahzab: 21).
6.Bersungguh-sungguh melawan hawa nafsu yang memerintahkan kepada seseorang untuk berbuat buruk.
7.Meneliti sebab-sebab yang memunculkan dengki dan menjauhinya sejauh-jauhnya. [dry/islampos].

Referensi: Ensiklopedi Pengobatan Islam/Sya’ban Ahmad Salim/Pustaka Arafah/2012

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer